Perihal Follow dan Unfollow

Share:
Perihal Follow dan Unfollow – Zaman sekarang, Follow-an adalah kegiatan yang sering dilakukan pelaku dunia maya dalam memainkan media sosial. Follow yang artinya mengikuti adalah salah satu cara agar kita bisa melihat status, update terbaru atau post yang dibagikan akun tersebut. Post atau update-an secara otomatis akan ada di halaman beranda/timeline media sosial kita.

Sesungguhnya manusia diciptakan berpasang-pasangan oleh tuhan, begitu juga dengan Follow, dia mempunyai pasangan bernama UnfollowUnfollow adalah lawan kata dari FollowFollow yang berarti mengikuti, sedang Unfollow mempunyai arti berhenti mengikuti.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin bercerita perihal Follow dan Unfollow.



“Hai guys, follow akun gue yuk ; @abcdefghij12345 (bukan akun sebenarnya).  Yang mau di folbek, mention aja. Nanti pasti gue folbek, kok. Tapi udahnya jangan diunfol ya. Wkwkwk”
Beberapa waktu lalu, saya melihat sebuah update-an dari seorang teman di Path. Yap, dia adalah teman saya di dunia maya dan nyata (meskipun sekarang sudah jarang bertemu). Setelah melihat status dia, saya langsung terjun ke media sosial yang dia maksud. Usai searching, saya menemukan akunnya.

Ternyata, teman saya ini udah punya seribu lebih followers dengan following yang masih ratusan. Di akunnya juga terlihat bio singkat dengan tulisan “Jangan follow kalau akhirnya di unfol”. Dalam hati,  kayaknya dia terlalu sering disakiti unfollow oleh followers-nya nih. Wkwkwk.

Puas stalking, saya tergoda untuk ikutan follow akun dia.  Plus mention dia supaya di-follow back. Kan lumayan buat nambah followers, guys! Hahahha....

Beberapa menit setelah itu, ada sebuah notif akun @abcdefghij12345 telah follow back saya.

Semenjak media sosial beredar semakin luas, saya jadi sering follow-an dengan teman dunia maya maupun nyata yang saya kenal dengan harapan agar silaturahmi kami tetap terjaga. Karena kebanyakan dari mereka sering ganti-ganti nomor HP hingga sulit dihubungi lewat SMS atau Telepon. Makanya, saya gunakan media sosial sebagai ajang untuk berkomunikasi. Tapi tentu dengan catatan si dia aktif di medsos itu.  

Selain suka follow-an, saya juga punya hobi ngecek siapa aja yang saya follow dan yang gak follow back atau unfollow akun saya, ketika lagi gak ada kerjaan. 

Suatu hari, saya lagi iseng parah karena gak ada kerjaan. Pas lagi browsing, gak sengaja nemu situs unfollowers.com (yang saya sering gunakan) dan saya jadi termotivasi untuk mengunjungi situs tersebut. Buat kamu yang belum tau, situs ini berguna untuk melihat siapa saja yang kita follow, unfollow, not follow back di akun Instagram atau Twitter yang kamu miliki.

Singkat cerita, saya login akun saya di situs tersebut. Yang pertama saya kunjungi dalam situs ini ada halaman Unfollow untuk melihat siapa saja yang tega unfollow akun saya. 

And then…………

Pas lagi serius liat list akun  yang ada di halaman itu, saya menemukan akun @abcdefghij12345 ada di sama.  Respon saya? Rasanya mau ngakak. 

Itu kan…………… Akun si anu yang kemarin baru saya follow (?)  Baru beberapa hari follow-an sekarang malah di-unfollow? Ngahahah :v

Sek, yo…. Yaudah biarin aja… Gak penting ah mempermasalahkan hal itu.

Eng… Tapi… Tapi gimana, ya.. Kok kayaknya nganu banget gitu. 
Kejadian ini membuat saya ingin mengoreksi diri. Kenapa si anu unfollow saya, padahal saya gak pernah unfollow orang, dan dia yang bilang sendiri, kalau mau follow-an, udahnya jangan di unfollow. Lagi pula si anu kan teman saya. Tapi kok…………….??

Kemudian mikir! :v

1. Mungkin dia gak sengaja tekan unfollow ?
Oke.. Bisa jadi sih dia gak sengaja tekan unfollow. Pun saya, pernah begitu juga. Tapi kalau saya nih, tentu aja langsung saya follow lagi. Gak enak tah kalau si pemilik akun tau kalau ternyata saya unfollow dia, padahal kita punya hubungan baik. Tapi kok dia….? Hm…….

2. Mungkin kamu terlalu sering ngepost, jadinya nyepam?
Hm… Kayaknya enggak gitu deh.. Setelah saya follow dia, saya gak pernah ngepost apapun. Terakhir update itu 1 hari sebelum follow dia kok.

3. Mungkin dia kira kamu udah gak main media sosial lagi?
Ya kali… Dia tau banget saya aktif di media sosial kok. Lebih aktif dari mikirin mantan malah. Masa baru gak update beberapa hari udah disangka gak mainin medsos.

4. Mungkin dia memang sengaja unfollow kamu biar following akunnya berkurang?
Eh, jangan mikir negative gitu dong :( Tapi, ada benarnya juga sih :(

5. Lebih baik kamu tanya kenapa di unfollow kamu!
Aku mau Tanya, tapi gak enak. Trus gak bisa nanya juga, soalnya paket internet lagi habis. Beliin aku paket internet dulu deh :( *lho...

Jadi sekarang gimana? Hm……

Perihal Follow dan Unfollow
Saya dan kalian pasti pernah merasakan di unfollow oleh followers. Bagi saya, di unfollow oleh akun yang follow kita tapi gak kita follow back itu adalah hal yang wajar. So’ dia pasti merasa cintanya bertepuk sebelah tangan, makanya memilih untuk pergi mencari yang baru dengan harapan si akun baru mau membalas cintanya hingga cintanya sempurna. Eh,kok jadi cinta-cintaan? Ya, mendekati gitulah pokoknya. Wkwkwk….

Tapi bagaimana kalau di unfollow oleh akun yang sudah kita follow back? Terlebih si pemilik akun adalah teman yang sangat kita kenal.
Mungkin gak sengaja ke-unfollow, mungkin dianya gak tau, mungkin kamunya nyepam, mungkin dia memang sengaja, mungkin.. mungkin… memang ada banyak kemungkinan di sana.

Jujur aja, kadang saya kesal kalau di-unfollow akun yang sudah saya follow back. Tapi tetap santai dan ambil hikmahnya aja. Kalau kamu gimana?

Follow diibaratkan seperti mengajak pertemanan, sedang unfollow adalah sebaliknya.
Dia mengajak pertemanan dengan follow kamu. Kamu pun membalas pertemanan itu dengan follow back dia. Setelah di follow back, dia malah unfollow akun kamu. Lalu apa namanya kalau bukan mempermainkan perasaan? :( 

Tapi intinya………

Tetaplah berpikir positif. Di-unfollow bukan berarti pertemananmu benar-benar putus. Biarlah dia yang unfollow kita tetap menjalani hidupnya. Jangan jadikan ini sebagai masalah besar. 
Kalau kamu di unfollow, trus kamu kesel, ya unfollow balik aja. Ye, gak? Kadang saya gitu, kalau lagi kesal. Wkwk... Kalau akun yang unfollow kamu sering membagikan hal positif, lebih baik tetap jadi followers-nya meskipun kamu udah di unfollow dia.

Tapi boleh juga menanyakan padanya, “kenapa saya di unfollow?” 
Biar semua jelas, dan orangtua kamu bisa segera datang ke rumahku. *eh. Lho. Kok. *abaikan. :v

Pernah ada seorang teman yang unfollow saya. Dengan percaya diri, saya menanyakan hal itu. "Kok aku di unfollow? wkwkwk" Kemudian dia langsung follow saya lagi, tanpa menjawab pertanyaan saya. Hahah... Entah, saya gak bisa menebak ada unsur kesengajaan atau memang gak sengaja. :p

Pesan buat kamu pemilik media sosial,  jangan pernah unfollow orang yang sudah follow akun kamu, apalagi dengan alasan supaya following kamu berkurang, tapi followers tetap banyak untuk kebutuhan pribadi. Ahhh, sesungguhnya itu tidak sopan dan menyakitkan. *Huhuhu......... 

Dan akhirnya.......

Semoga ada hikmah dan manfaat dari tulisan ini :))

Sekian dan terima kasih sayang. -pake emot titik dua bintang- 

Baca juga:  Homecare24 - Perawat Panggilan ke Rumah Yang Terpercaya

34 comments:

  1. Baru kmrn saya ditegur katanya saya unfollow. Pdhl ga unfollow. Mgkn saya khilaf. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mba Nita udah dpt teguran? Hahah..
      Yang penting jangan sengaja unfollow aja, Mbak. :D

      Delete
    2. Kak mau nanya, kalo misal kita sama temen udh pernah follow back. Terus aku unfollow tuh, nah namanya org itu masih tetep nongol gk ya di following nya? Sedangkan org itu gk nge unfollow kita balik. Gimana tuh kak? Mohon jawabannya ya.

      Delete
  2. Ya betul biar ikhlas memfollow walau diajak kan..

    ReplyDelete
  3. Langsung block aja, saya juga males unfol.

    ReplyDelete
  4. Hehehe. Betul mbaak, follow unfollow ini kadang suka bikin baper.

    ReplyDelete
  5. Iya tuh ngeselin kalo udah gitu, biasanya kalo orang minta follback terus dianya beberapa hari kemudian unfollow gue, pasti gue unfollow juga.

    ReplyDelete
  6. Biarin aja nuy. Mungkin gak jodoh. Lol

    ReplyDelete
  7. Kalau diceritain mah sakit :-) Selamat malam mbak Nurri...

    ReplyDelete
  8. hahahahaha, jadi problematika media sosial banget memang ini follow unfollow. kalau ngefollow, rasanya memang belum nikmat kalau belum di followback. dan ketika di unfollow, ada perasaan gelisah sejenak. efek media sosial memang keras bung!

    ReplyDelete
  9. Gue pernah banget itu nggak sengaja unfollow. Dan orangnya mensyen gue. Gue bales, karena emang tidak sengaja kepencet. Gegara skrol-skrol pake tangan kanan (kebetulan assistive touch iphone emang lagi di sebelah kanan deket banget sama tombol follow).

    Pernah kepencet favorit pula. Sejak saat itu, gue mulai ngurangin skrol pake tangan kanan, mending tangan kiri aja. Aman. :D

    Gue, sih, kalo yang isi TL cuma link dari Path dan twit terakhir 6 bulan yang lalu, mending unfoll. Terus kalo gue di-unfoll juga gapapa, nggak begitu mempermasalahkan. :))

    Duh, panjang amat komen gue.

    ReplyDelete
  10. Takut mau ngecek yang unfollow, takut baper hehehe
    Tapi kalau di unfollow ya udah aku unfollow juga, kecuali kalau memang aku suka postingannya :D

    ReplyDelete
  11. weeeessss biasa difollow dan unfollow hihihihi

    ReplyDelete
  12. Saya dong mak.. Pernah di unfollow orang.. Padahal dulu kitansaling follow2an IG.. Skrg setelah doi pny ribuan follower, dia cm following beberapa puluh akun aja..dan tak ada aku disana.. Huahaha.. Yowis..aku unfol dia juga. :)

    ReplyDelete
  13. Setelah baca postingan ini, saya jadi ikut termotivasi untuk mengunjungi unfollowers.com juga. Terima kasih< Dedek Nunuy atas sarannya. :)

    Btw, aku baca "Pernah ada seorang teman yang unfollow saya. Dengan percaya diri, saya menanyakan hal itu. "Kok aku di unfollow?"." kok apa banget, yak. XD

    ReplyDelete
  14. mau follow atau unfollow sebaiknya saling disikapi dengan bijak. :) Buat yang di Unfollow berarti dirinya ada sesuatu yang perlu diperbaiki karena bisa sampai di unfollow

    ReplyDelete
  15. aku beberapa kali unfollow akun temen karena status yang dibuat tidak nyaman untuk di baca. karena aku yakin media sosial itu untuk share kebahagiaan dan inspirasi

    ReplyDelete
  16. Aku malah baru tau twitter n ig baru2 ini, trus jarang update nur wkkkk
    Mungkin juga ada yg unfoll aku kali ya soalnya jarang takcek
    Tp ngebaca cerita kamu kok sku jd pingin ngikik hahaaa

    ReplyDelete
  17. Aku sudah sering digituin, rasanya biasa saja. Biar lah. Masih banyak yang dipikirkan :)

    ReplyDelete
  18. kadang gak begitu peduli, ya saya biarkan saja hehhe.

    ReplyDelete
  19. Mungkin dia ingin terlihat banya follower tanpa memfollow orang lain, he he

    ReplyDelete
  20. Kebetulan sy punya toko dan memasarkan produk lewat instagram. Sering bgt olshop lain itu minta di follow buat naikin follower dia, tp bbrp minggu kemudian unfollow saya. Ada 4 toko sampai 3x follow-unfollow-follow- unfollow gt trs sampai akhirnya sy block. 😂akhirnya semua olshop sy berlakukan seperti itu, daripada mengganggu, kan follower kita jd berkurang.setelah itu minta di follow lg, sungguh tidak sopan.

    ReplyDelete
  21. Itulah kenapa aku ga mau pasang situs yg bikin kita tau siapa yg unfollow kita mba :D. Aku g pgn sakit ati. Lbh bgs aku ga tau..

    Aku s3ndiri, mau follow seseorang jg liat2. Kalo dia blogger yg blognya aku pernah baca, aku bakal follow pasti. Kalo dia follow aku duluan, dan aku liat dia blogger yg aku kenal, aku jg pasti follow balik.

    Tapiiii apa aku pernah unfollow orang? Itu jg pernah. Alasannya? Krn tuh org posting yg berbau sara, fitnah dan politik. Maaf yaaa, utk yg begitu aku pasti unfollow ato block kalo kelewatan :p.

    ReplyDelete
  22. Saya juga baru mulai follow2in teman2 blogger di twitter sejak aktif ngeblog. Tp ga ngecek juga sih siapa2 yg follback, pokonya kalau ada yg follow duluan ya saya follback gitu. Btw saya sudah follow mbak dengan akun @annisakih ;) Salam kenal yaaa

    ReplyDelete
  23. Haha..lucu ya temannya.
    Dia bikin bio "jangan follow kalau akhirnya di unfol".
    Nah, ternyata dia sendiri ga konsisten dgn kata2nya. Maunya menang sendiri (egois banget). Aku rasa dia tidak mikirin prasaan org. Dia hanya mikir bagaimana agar followersnya bisa bnyak dan followingnya sdkit. Shingga org branggapan dia bnyak fans. Wkwk, apa untungnya sih begitu? Gua ga abis pikir sama temanya lho nur. Iya teman lho yg ini @abcdefghij12345

    ReplyDelete
  24. kalo saya di unfoll saya juga pasti sebel. tapi anehnya akun saya suka tiba tiba ngeunfoll sendiri, saya sudah coba bikin akun lagi tapi tetep sama, saya gunain handphone lain pake akun saya juga tetep gitu. akhirnya bikin misscom sama temen saya, saya jadi gaenak sendiri dikirain follow pas udah difollback eh malah diunfoll:'(

    ReplyDelete
  25. saya juga sebel kalo diunfoll, tapi gatau kenapa akun ig saya sering ngeunfoll secara otomatis. saya udah bikin akun lagi tapi juga sama sering ngeunfoll sendiri, saya juga udah pindah handphone dan tetep pake akun yang sama tapi tetep aja. itu yang bikin saya misscom sama temen saya, saya ngerasa gaenak karena dikira saya yang sengaja ngeunfoll.

    ReplyDelete
  26. Saya justru Baper banget karena kecewa jika orang yang sudah dibantu untuk beroleh tenan saling follow di komunitas Indonesia Saling Follow malah main follow for unfollow. Itu semacam pengkhianatan karena komunikasi sudah punya acuan yang jelas dengan aturan main yang dipaparkan di feed dan semua grup DM.
    Begitulah pengguna media sosial Instagram. 😁😁😁

    ReplyDelete
  27. Q pernah jg ngalamin GT.nganu bget rasanya.jd Q follow akun org yg Q suka GT eh dia mnt follow back Q okein kan...trs smpt akun q ubah ke public mgkin saat itu dia unfollow.anehnya kl dia g suka SM postingan q,koq rajin bgt liat story' q.ketauannya pas akun q ubah LG ke privat baru tau kl dia SDH unfollow rupanya😏 kesel bgt kan.g tau tu maksdny apa.lgsg q unfollow jga lah akunnya.sorry y JD curcol hahahah

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^