Mengurus Surat Pindah Domisili Kabupaten Bogor Cepat dan Mudah!

Share:
Cara mengurus surat pindah KTP atau pindah domisili dari Kabupaten Bogor ke Jakarta katanya ribet banget. Iya, kata pak rete, harus minta surat pengantar RT, RW, kelurahan, kecamatan, Pemda, lalu terakhir baru ke Dukcapil.

Mendengar urutannya yang panjang dan harus ke sini ke sana berasa jadi makin pusing. Udahla mana lokasinya jauh-jauh dan sulit membagi waktu untuk mengurusnya. Udah mikir mau menggunakan "jasa" dengan membayar sekian ratus. Tapi setelah hampir deal, tiba-tiba kok berasa sayang ya? wkwkkw


Terpikir juga mau urus sendiri biar jadi pengalaman, tapi endingnya malah mikir-mikir lagi. Ya, sebenernya paling simpel memang menggunakan jasa sih. Kalau ngurus sendiri pun biaya yang dihabiskan mungkin sama atau bahkan bisa lebih. Tapi mengingat waktu yang diluangkan harus banyak, mesti ambil cuti dan jarak dari Jakarta ke lokasi cukup jauh, jadinya malah bingung sendiri.

Dari dulu memang, Mengurus administrasi pemerintahan itu hal yang sangat bikin males. Selain ribet, kadang tuh ngurusnya juga jauh. Mesti datang ke sini, sana, sono. Tapi alhamdulillahnya, saat ini DKI Jakarta sudah lebih unggul dalam mengurus segala administasi dengan sistem online melalui email, website maupun aplikasi. Tapi kalau harus berurusan dengan administrasi di luar Jakarta, ini yang bikin repot lagi. Seringnya minim informasi.

Sempat ingin menyerah, tapi coba cari-cari informasi lagi, dan alhamdulillah akhirnya saya menemukan cara mengurus surat pindah domisili Kabupaten Bogor secara online. Melalui akun Instagramnya, saya diarahkan untuk mengirim email guna meminta Formulir Pindah Domilisi pada operator.

Buat kalian yang berada di Kabupaten Bogor, bisa follow akun Instagram @dukcapilkabbogor untuk mendapat informasi seputar Administrasi Kependudukan. Karena dari akun instargam Dukcapil Kabupaten Bogor ini, akhirnya saya bisa dengan mudahnya mendapat surat pindah domisili.

Mengurus Surat Pindah Kabupaten Bogor ke Jakarta secara online

Setelah mengirim pesan melalui DM, diberitahukan bahwa Pembuatan Surat Pindah bisa dilakukan secara online melalui email dukcapil.pindat.kab.bogor@gmail.com dengan operasional layanan Senin - Jumat, pada pukul 08:00-17:00.


Tapi di sini masih bertanya-tanya, kalau udah ngirim email, kita mesti dateng ke Dukcapilnya gak yahh? Dan ternyata gak perlu! Kagum juga nihhh, ernyata administrasi Dukcapil Kabupaten Bogor juga udah semakin maju layaknya di Ibu Kota Jakarta.

Jadi, gimana sih alur mengurus surat pindah KTP atau Surat Pindah Domisili Kabupaten Bogor?

Cara membuat surat pindah dari Kabupaten Bogor secara Online

  1. Mengirim Email ke dukcapil.pindat.kab.bogor@gmail.com untuk meminta Form.
  2. Balas email dari dukcapil dengan melampirkan Form yang sudah di isi.
  3. Permintaan di proses oleh dukcapil, dan kita akan mendapat Surat Pindah dari email Kemendagri
  4. Surat Pindah Domisili dikirim secara elektronik dari email Kemendagri
Mudah, kan?

Atau buat kalian yang belum paham, saya jelaskan lagi detail Prosesnya!

Pertama, Saya mengirim email ke dukcapil.pindat.kab.bogor@gmail.com dengan subjek dan teks di badan email seperti di gambar berikut.


Kemudian, Dukcapil membalas email dengan melampirkan Form Pindah Keluar F-1.03 .

Download Form tersebut, kemudian cetak atau print.
Kemudian, isi form tersebut dengan data yang benar dan sesuai.
Jangan lupa berikan tanda tangan, ya!

Setelah data sudah di isi dengan lengkap, scan atau Foto form tersebut dengan jelas / jadikan PDF.

Kemudian balas email Dukcapil dengan melampirkan form tersebut.

Ohiya, di sini aku mengirim email baru karena saat mereply email yang sebelumnya, email otomatis di blokir oleh gmail. Dan ya, saya gak tau kenapa yaah. Akhirnya coba kirim email baru, dan alhamdulilah berhasil terkirim. Kalian bisa coba cara ini kalau reply email diblokir juga.



Setelah email terkirim, Dukcapil akan membalas pesan kita lagi.
Permohonan di Proses, dan hasil akan dikirim ke alamat email.

Dan Gak pake nunggu lama lagi, beberapa saat kemudian, masuk email dari Kemendagri yang melampirkan surat permohonan pindah domisili yang telah di proses. 

Perhatikan gambar di bawah ini, ya.



Di teks bagian berwarna biru itu tertera No. Pindah, NIK Pemohon dan Nama Pemohon. Nah, di sampingnya ada Barcode dan di bawahnya ada PIN.
Silakan Klik Barcode tersebut, lalu kita akan di arahkan ke website yang menampikan Surat Keterangan Pindah.


Silakan Isi Captcha sesuai pada gambar. Kemudian klik TAMPILKAN



Surat Keterangan Pindah yang sudah berhasil di Proses bisa kita cetak atau print dengan klik "Cetak Salinan"

Setelah di cetak, Surat sudah bisa dibawa ke Dukcapil Kota Tujuan.

Udah?
Gitu aja? 
Gampang banget kan?!
Gak perlu ke sana ke sini buat ngurus Surat Pindah Domisili di Kabupaten Bogor!

Rating 8,5/10 buat Dukcapil Kabupaten Bogor karena bisa memberikan informasi yang jelas, pelayanan mudah dan respon yang lumayan cepat. Aku ngurus ini gak sampai seharian juga. Karena ngirim form pagi, lalu siangnya surat sudah diberikan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

3 comments:

  1. ternyata keluhan mengurus surat di kantor pemerintahan kayak gini ga cuman aku aja, aku sendiri ya males kalau ngurus surat, masih kesini kesana, terus kepala dinasnya aduhhh sibuk amat dah, minta tandatangan bisa nungguin sekian jam akutu.
    Kenapa gitu dari dulu masalah ngurus surat di kantor kayak gini jadi semacam momok aja buat warga biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw, dulu aku kira aku aja yang males. Ternyata banyak yah!
      Alhamdulillah ini kalo Jakarta udah bisa online-online. Lumayan jadi menghemat emosi. lho wkwkkw

      Delete
  2. memang seharusnya mudah seperti ini ya mbak, di era digital yang semuanya serba cepat dan canggih, tapi sayang sepertinya belum semua daerah menerapkan sistem seperti ini ya, semga kedepannya bisa merata seperti ini

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^