Apa Sih Yang Disebut Hosting?

Share:
Istilah Hosting dalam dunia online pasti sudah sangat sering kita dengar, khususnya bagi kita yang sudah lama berkecimpung di dunia online yang berkaitan dengan blog atau website. Terlebih lagi saat ini marak situs-situs web yang menyediakan layanan hosting dengan harga yang beragam.

Tapi, gak semua orang tau dan paham sih. Mungkin dari kita juga ada yang masih belajar dan ingin tau apa sih yang dimaksud dengan hosting? Apa pula fungsi hosting bagi pengguna dan pengelola website? Nah, coba simak penjelasan hosting di bawah ini!

Pengertian Hosting
Hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat untuk menjalankan aplikasi atau penyimpanan data di lokasi yang terpusat atau server yang bisa diakses dengan menggunakan koneksi internet. Hosting banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari penyimpanan serta aplikasi website, file transfer pada FTP, pusat data email, dan kebutuhan yang lainnya.

Yang perlu kita ketahui adalah bahwa hosting dibangun dalam kapasitas yang besar di atas komputer atau server yang handal. Server tersebut telah didukung dengan sistem pendingin, sehingga bisa bekerja selama 24 jam secara terus menerus. Selain itu, server hosting juga didukung jaringan internet dengan kecepatan yang tinggi. Sederhananya, hosting merupakan tempat yang dimanfaatkan untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan dalam mengelola dan membangun sebuah website.

Apa Sebenarnya Fungsi Web Hosting?
Setelah memahami apa itu hosting, yang menjadi pertanyaan kita selanjutnya pasti adalah fungsi dari hosting itu sendiri, bukan? Dengan adanya hosting, maka server website tidak akan mudah down. Jadi, setiap ada pengguna internet yang ingin mengakses website kita, maka orang tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah dan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Fungsi yang satu ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis. Hal ini dikarenakan hosting dapat memudahkan konsumen untuk mengakses online shop tanpa halangan selama 24 jam dalam sehari. Manfaat hosting yang lainnya adalah untuk menyimpan data website. Biasanya, hosting yang berbayar akan dibedakan menjadi beberapa varian kapasitas sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Jenis Web Hosting yang Perlu Kita Ketahui
Jika diibaratkan, hosting itu sama dengan manajemen mall. Dimana ada banyak toko yang berjalan. Nah, pihak mall hanya menyediakan layanan keamanan dan lokasi mall saja. sementara itu, pengguna jasa akan membayar sewanya. Misalanya, suatu online shop membutuhkan server untuk menyimpan data seperti gambar, file, data konsumen dan yang lainnya, maka hosting lah yang akan berperan dalam penyimpanan data-data tersebut. Hosting sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya.

Penjelasan Hosting

Shared Hosting
Shared hosting merupakan salah satu jenis hosting berbayar. Bagi kita yang memiliki dana terbatas, maka kita bisa menggunakan shared hosting. Hal ini dikarenakan layanan ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Shared hosting ini akan menempatkan beberapa website pada server yang sama. Dimana, masing-masing website akan berbagi sumber daya CPU dan RAM. Bagi website yang tidak memiliki terlalu banyak data, maka menggunakan layanan shared hosting tentu saja bisa membantu untuk berhemat.

Virtual Private Server (VPS)
Sebenarnya, VPS hampir sama seperti jenis shared hosting. Namun, sumber daya yang digunakan memiliki kualitas yang lebih tinggi. menggunakan hosting server ini, maka klien bisa menggunakan seluruh sumber daya secara bersamaan dengan menginstall aplikasi yang ada tanpa harus membaginya dengan klien yang lainnya. Hosting ini sangat cocok bagi kita yang memiliki website dengan pengunjung yang banyak.

Cloud Hosting
Jenis hosting yang satu ini memiliki banyak server. Masing-masing server dari hosting ini didesain agar bisa berinteraksi dan terhubung satu sama lain agar performa website dapat tetap terjaga. Dengan menggunakan hosting ini, maka tidak ada yang perlu kita khawatirkan terkait dengan keterbatasan sumber daya atau ketidakstabilan server.

Dedicated Server
Dedicated hosting memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep shared hosting, yang mana hanya ada satu server saja yang digunakan. Akan tetapi, dedicated server ini memungkinkan kita untuk menggunakan satu server untuk satu website. kita tidak perlu berbagi server dengan website yang lain. Dengan adanya hosting ini, maka privasi website kita akan lebih terproteksi. Hal ini dikarenakan tidak akan ada website lain yang menggunakan server yang sama dengan kita. Hal inilah yang akan membuat performa website kita menjadi lebih baik dibandingkan dengan server yang lainnya.

Colocation Server
Pada dasarnya, colocation server hampir sama dengan dedicated server. Perbedaannya hanya terletak pada kepemilikan dan penempatan server. Jika dedicated server sudah tersedia kita dimonitoring oleh penyedia layanan hosting, maka colocation server harus menyiapkan sebuah server sendiri yang nantinya akan ditempatkan dan dimonitoring oleh penyedia layanan hosting.



Tentang hosting
Bagaimana Cara Kerja Web Hosting?
Pada dasarnya server hosting hanyalah sebuah perangkat komputer. Bukan hanya sekedar hardware biasa, server ini memiliki spesifikasi yang lebih kuat dan juga lebih besar. Komputer yang digunakan untuk menyimpan data website dan menjalankannya juga mempunyai jaringan internet yang cepat. Paket hosting menyediakan server yang dapat membantu kita untuk menjalankan website.

Server sendiri menggunakan mesin virtual seperti komputer yang difungsikan untuk menjadi database atau tempat menyimpan file website. Pada umumnya, website membutuhkan sistem manajemen database yang baik dalam menyimpan informasi dan konten yang ada di dalamnya. Konten tersebut bisa berupa posting blog, informasi produk, artikel dan yang lainnya. Semuanya bergantung pada jenis website yang digunakan.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting yang Baik?
Kalian pasti tau saat ini ada banyak hosting yang bisa kita pilih di internet. Namun, saking banyaknya maka sangat wajar jika kita kebingungan dalam memilihnya. Hal pertama yang harus kita lakukan ketika memilih hosting adalah mencari referensi sebanyak mungkin. Pastikanlah hosting yang akan kita gunakan memiliki kualitas yang baik. kita bisa mengetahuinya dengan cara melihat siapa saja klien yang dihandle. Selain itu, lihatlah pula track record yang dimiliki oleh penyedia hosting tersebut, apakah baik atau tidak.

Menurut PengamatHosting, salah satu penyedia hosting terbaik yang ada di Indonesia adalah IDwebhost. kita bisa melihat track record-nya yang terbilang baik dari segi manapun. Setelah mengetahui apa itu hosting beserta jenis dan fungsinya, maka ini saatnya kita untuk memilih hosting yang berkualitas dan sesuai dengan website yang akan kita kelola.

2 comments:

  1. saya juga pakai idwebhost mbak, tapi bukan hostingnya sih melainkan domain. Idwebhost memang salah satu penyedia hsoting terbaik,

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^