Drama Bersama Pedagang di Toko Sebelah

Share:
Siang itu (9/5), Pak Bos yang lagi di negeri tetangga tiba-tiba ngirim pesan singkat lewat Whats App. Isinya, doi minta dibelikan kabel Fitbit Alta yang jujur aja aku gak tau itu fungsinya buat apa. Dia bilang, coba cari di mall sebelah atau di online. Tapi langsung kirim via gojek biar langsung sampai dan udah ada di mejanya malam ini. Dengan bermodalkan nama dan foto yang dia berikan, aku coba menjalankan perintah.
Dimulai dari nyari di toko sebuah Mall, ternyata salah satu karyawan di sini gak berhasil menemukannya. Katanya sih dia udah muter-muter nyari di semua toko, jawabannya pada gak jual. Ada toko yang menyarankan suruh beli di online shop aja. Di sana banyak yang jual katanya.

Baiklah, karena merasa ini urgent diminta ada hari ini, akhirnya aku coba nyari di toko online. 

Ketik keyword sesuai yang diberikan, dipencarian muncul produk yang kucari. Ternyata kebel ini memang terbilang "langka". Hanya ada 3 seller yang menjualnya dan berasal dari Bandung dan Jakarta. Karena harus dikirim hari ini, aku memilih toko yang berada di Jakarta, dan sebelum order, aku menghubungi seller di toko tersebut dulu, memastikan bahwa barang tersebut tersedia dan bisa dikirim langsung melalui Go-Send. 

Tapi, di toko pertama ini aku gagal mendapatkannya. 2 Penjual yang berada di Jakarta gak bisa ngirim langsung, karena kebetulan mereka lagi berada di luar, katanya.

Gak mau nyerah, aku pun pindah ke toko sebelah.

Dengan memasukkan keyword yang sama, aku menemukan 2 seller yang berada di Jakarta. Sebelum order, aku menghubungi pedagangnya lagi, menanyakan apa bisa langsung dikirim hari ini.

Kami sepakat pada jam 14.36 WIB

Setelah menemukan pedagang yang bisa langsung kirim barangnya, tentu aja aku senang dan bahagia banget. Akhirnya, kumenemukanmu! Order dan pembayarannya pun langsung segera aku lakukan. Setelah bayarpun, jam 15.01 aku langsung konfirmasi ke dia. Aku minta tolong agar barang segera dikirim. Kubilang juga belum jam 5, ya.

Tapi mulai dari sini, pesanku lama banget dibalesnya. 

Chat jam 15.01, dia baru membalasnya jam 16.30. Dan dia hanya mengkonfirmasi alamatnya. Aku bilang iya. Setelah dikirim , tolong beritau aku juga nomor driver yang mengantar. 

20 menit kemudian dia tidak memberi kabar apa-apa, di sini aku mulai gelisah karena waktu sudah mau malam. Aku coba chat terus melalui website, namun tidak ada jawaban. Bahkan, aku jadi terkesan "ngemis" minta agar barang dikirim. Padahal memang sudah dari awal aku bilang butuh barangnya sekarang.

Percakapan sama di pedagangnya ..................................




Terakhir membalas pesan 16.38, Pada jam 18.30, aku mengirim pesan kepada dia, kalau jam 18.40 belum dikirim juga, aku minta dibatalkan saja. Tapi sampai dengan pukul 19.00 pesanku tidak kunjung dibalas juga. 

Karena merasa dikejar tanggung jawab, aku bertekat harus tetap mendapatkan kabel ini malam ini juga sampai akhirnya aku menghubungi penjual pertama dari toko lain yang tadi bilang tidak bisa kirim karena lagi di luar. Alhamdulillah, ketika malam itu aku hubungi, penjual itu siap COD.

Seperti mengejar waktu, dari kantor pukul 19.00 aku on the way COD dengan penjual ini di daerah Palmerah. Iya, sengaja aku datangi langsung karena kalau online takut kasusnya seperti sebelumnya. Jalanan Pusat Jakarta jam segini emang lagi macet-macetnya. Sekitar Pukul 8 kurang 5 menit, aku baru tiba di lokasi kami janjian. Tapi na'as sih, ternyata lokasi yang aku tuju agak meleset alias salah, jadi aku harus jalan kaki ke depan lagi.

Setelah nunggu sebentar, dia datang dan kami melakukan transaksi di depan kampus Binus hinga akhirnya kabel pesanan itu resmi dalam genggamanku. Hfff.....

Balik mengejar waktu lagi, pukul 8 lewat dikit, aku kembali otewe dari Binus Palmerah menuju kantor, Sudiman. Alhamdulillah, jalanan bersahabat gak macet seperti perginya. Pukul 8.30, aku tiba di kantor lagi.

Masih agak terburu-buru, sampai di kantor aku Istirahat sebentar sambil nyemilin Kebab yang aku beli di depan kampus tadi. Sekitar jam 9 kurang, aku baru otewe pulang ke rumah.  Saat itu, hati masih ngerasa banget emosinya. Capek, laper dan nyesek juga. Ternyata gini amat rasanya di PHP-in sama pedagang itu. Oh, God.

Sesampainya di stasiun saat hendak mau pulang ke rumah, pas jam 9 malam aku kembali ngecek ke website toko tadi. Ternyata ada balasan pesan dari pedagang itu yang dikirim pada jam 19.52.

Iya, gak perlu dibayangin lagi gimana keselnya. Ngirim pesan dari 16.39 , dia baru bales 3 jam kemudian. Setan kan. wkwkwk....

Aku buka, dan katanya........ "Blm dapet gojeknya, bsk pagi ya"


"Kan udah gue bilang, gue butuh barangnya sekarang!!!"

Emosiku memuncak lagi. Entah, ya. Menurutku itu adalah sebuah balasan seperti ngerasa gak punya dosa. Hffff.....

Kalau memang daritadi order belum dapet gojeknya, kenapa gak konfirmasi aja? Kalau emang udah niat/mau kirim barangnya, kenapa gak kabari saya?  Ini nih yang membuat emosiku memuncak, Kalau emang gak bisa kirim sekarang, kenapa gak ngabarin aja gitu? Kenapa mesti PHP-in yang akhirnya berujung bener gak jadi kirim. Padahal, berkali-kali udah saya tekankan, SAYA BUTUH BANGET BARANG ITU HARI INI JUGA.

Setelah menerima balasan chat darinya, tentu aja aku menolak untuk dikirim barangnya. Aku udah beli di tempat lain, dan rasanya gak sudi juga nerima barang dari dia. *Astaghfirullah....

Sebuah kesalahan yang menurutku makin fatal adalah, dia sama sekali tidak minta maaf atas kejadian ini. Bahkan sampai postingan ini aku publish.

Kesel? Marah? Emosi? Beuuhh... Pengen maki-maki si pedagang itulah rasanya. 
Aku sama sekali tidak menyalahkan situs belanja onlinenya. Hanya benar-benar kecewa dengan pedagang yang ada di dalamnya. Seenaknya dia mempermainkanku seperti ini. Rasa sakitnya bahkan hampir sama seperti pas ditinggal lagi sayang-sayangnya! 

Aku udah bilang butuh barangnya sekarang, dia pun sudah deal akan mengirim. Setelah pembayaran aku transfer dan minta kepastian dikirim, perlahan dia menghilang bagai tak punya dosa. Setelah MEMBUAT SAYA KECEWA, dia juga tidak ada minta maafnya. Hem.. btw, Bunuh orang boleh gak sih? Hfff.....

Tapi satu yang masih aku syukuri. Aku belanja di situs "terpercaya" yang memberikan jaminan uang akan kembali. Beberapa hari setelah peristiwa itu, uang tersebut masuk ke dalam akunku dan berhasil aku transfer ke rekening bank milikku.

Sekian curhat kali ini yang waktu itu ditulis penuh dengan emosi.
Semoga gak menemukan pedagang model itu lagi.
Amiin....

30 comments:

  1. Ikut capek kesel bacanya. Alhamdulillah blom pernah ngalamin kaya gitu sih, krn blom pernah ngalamin butuh barang urgent gitu.
    Pukpuk....sabar ya, Nur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh, yang baca aja kesel, ya. Gimanaa aku yang mengalaminya? Wkwkw
      HAnya bisa sabar dan berdoa semoga gak ketemu sama pegadang itu lagi, Mbak Dian. Huhuhu

      Delete
  2. Sabaaar.. :D
    Aku ya pernah kesal sana penjual di salah satu marketplace. Bukan salah marketplace nya, tapi sellernya.
    Pesen ukuran apa, dikasih random. Dari kecil hingga gede. Gak seduai gambar dan deskripsi.
    Dan dia ga minta maaf lagi :D
    Emosi sih, tp aku telatenin aja. Ada 2 minggu aku urusin sampe aku kirim balik barangnya.
    Ga lagi-lagi beli di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahkan, ribet banget ya itu kirim balik barang sampe 2 minggu..
      Cukup sekali dan semoga gak kejadian lagi ya, Mbak

      Delete
  3. Aku prnh ngalamin pedagang nyebelin gini.. Dan memang, kalo bisa nyekek orang, udah aku cekik kali :p Tapi beruntung ya, uang kita ditrf k rek penampungan gitu. Kalo ga, makin tanpa dosa tuh penjual :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahah, itu salah satu hal yang aku syukuri. Uang bisa kembali.
      KAlau enggak, duh, bisa-bisa besok admin penjualnya itu udah tinggal nama doang. *lah. Wkwkw

      Delete
  4. Jangan kesel-kesel Nuy ama penjualnya, apalagi pakai drama. Ntar jadian, loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, kok. Cukup jadian sama si dia ajah. Uwuwww....

      Delete
  5. Hehehehe nyebelin sih, aku lebih suka ama pedagang yg biasa aja, dan menyenangkan, salam #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  6. adduh! kesal mangkel juga ikut arus nih.. begitulah perjalanan, musti ada kendalanya.

    ReplyDelete
  7. Aku lebih kesel sama bosnya sih.. tbh. Like why are you asking your employee to do that? Is that job is also included in your jobdesk? Well.. wkwkw. #ditimpuk

    ReplyDelete
  8. Sabar ya, nutrisi....
    Duh aku aja bacanya ikut emosi. Komunikasinya susah banget penjualnya, tinggal terbuka aja malah enak ya. Hadeh banget lah ini sellernyaaa

    ReplyDelete
  9. Curhat ke akun Instagram CurhatOnlineShop juga nanti, pastinya berasa kesal. Ditinggal pas sayang-sayangnya itu "sakitnya tuh di sini", chat lama dibalas ibarat nunggu balasan chat gebetan. 😂😅

    ReplyDelete
  10. Dih, nyebelin banget tuh seller. Mungkin nggak niat jualan. 😬

    Ini untungnya pake marketplace ya. Coba kalo beli onlen kayak biasanya, mungkin nggak balik duitnya. 😂

    ReplyDelete
  11. Sabar ya, Nur.. Wah ini sekaligus kode buat saya nih. Kepengen punya online shop ngga boleh segitu fatalnya ngeselin konsumen.

    ReplyDelete
  12. Pukpukpuk...
    Barusan curhat di Instagram juga, tentang pesenan yang salah kirim.
    Tapi penjualnya enggak punya itikad baik untuk nuker.
    Huhuhuhu.. Kezeellllll

    ReplyDelete
  13. Cieee drama sama toko sebelah
    Sabar ya kak, menarik kalau sampai timbul drama hehe

    ReplyDelete
  14. ihi baca ini jadi ikutan gemes keseelll.. alhamdulillahnya, orang indonesia itu serba beruntung. Kalau sudah ada kejadian ngeselin, pasti ujungnya insya allah ada "untung saja.." "untung akhirnya" dst. hehe.. yups masih untung ya mba, duit dikembalikan bisa.

    ReplyDelete
  15. Kalau dari ss nya sih itu bukalapak ya mba? Kadang jengkel juga sih ketemu seller kayak gitu.. kan kita udh telepon dan deal eh malah seperti mengingkari janji..

    Untung pesanannya bs dibatalkan mba.. jadi gak rugi.. trus kabelnya itu dibutuhkan boss utk apa mba?

    ReplyDelete
  16. Qkqkq, kzl bat dah. Untuk pembelian urgent ini emang sungguh enggak disarankan membeli via online karena ya kejadian kaya nunuy ini rawan terjadi. Kalaupun aku mau beli online pake gojek itu hanya pada seller yang aku udah beneran tau recordnya seenggaknya pernah beli beberapa kali. Semoga enggak keulang lagi.

    ReplyDelete
  17. Itu sepertinya model penjualnya kurang responsif ya? Kalau butuh cepet saya jg suka dag dig dug beli onlen, khawatir sampai tepat waktu apa gk, akhirnya dibela2in deh nyari toko offlinenya.

    ReplyDelete
  18. Itu kabel apa deh? Susah amat keknya dicari? Gila yah nuy nunggunya sampe malem dan mesti cod pula. Dedikasimu bagi perusahaan sungguh sungguh. Pantesan betah nungguin dia terus. Mestilah dia baca ini agar tau, paham, dan peka

    ReplyDelete
  19. Kereen bangeet siiih...
    Kesel bisa jadi ide blogpost. Lengkap dengan history chatnya.

    Perlu dicontoh buat yang jualan online.
    Jangan PHP in pembeli.
    Karena kujujuran dimanapun pasti lebih baik daripada berbohong.

    Manis di dalam, tapi pahit kemudian.

    ReplyDelete
  20. mungkin yg punya toko lagi sibuk mba hehe makanya lama balasnya. Harus banyak sabar kalo engga mau sabar mah beli di toko offline aja nuy hehe daripada di toko online yang kebanyakan PHP

    ReplyDelete
  21. Wih. Ngga banyak orang yang bisa sesabar itu. Semoga mbak bisa sabar menjalaninya. Tidak gampang menjadi orang yang mampu menahan diri. Semoga lancar ya mbak

    ReplyDelete
  22. Iya sih bener, Nur, tanpa kamu jelasin di kalimat akhir kalau tulisan ini kamu tulis dengan penuh emosi pun emosinya udah terasa... banget wkwkwk

    Aku engap bacanya bhahahak.

    Ini yang kabel-kabelan waktu itu kamu tanyain di grup kan, ya? Aku selama ini suka belanja online belum pernah beli ke seller yang nyebelinnya sampai kayak gini, sih hahaha alhamdulillah, yah. Udah, minum air putih dulu cobak, Nur.

    ReplyDelete
  23. aku blm pernah begini, blanja online gak pernah COD
    Tapi yg namanya pedagang kalau gak fast respon emang berabe ya. Smoga sama2 dpr pelajaran

    ReplyDelete
  24. Kalau saya kmarin bukan barang online. Beli gas di tetangga,dia punya barang tapi gak mau ambilin gara2 ada org makan di dpn dia naruh barang. Katanya ntar aja.Lha saya butuh saat itu juga. Sebel deh

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^