Pengalaman Duka di Airy Taman Sari Mangga Besar Sebelas 36 Jakarta

Share:
Sebuah aplikasi pemesanan kamar hotel yang sering aku gunakan selain di Traveloka adalah Airyrooms. Iya, aku sering kali berpergian dan memilih penginapan di kamar-kamar yang ada di Airyrooms. Nah, kamar yang tersedia di sini memang tidak seperti kamar hotel bintang 5 seperti yang ada di gedung tingkat tinggi. Kamarnya seperti kamar "rumahan" biasa, tapi memiliki kenyamanan yang luar biasa. Apalagi harganya yang relatif murah.

Airy Jogja
Dari pertimbanganku, selain harganya yang bersahabat, di kamar Airyrooms juga sudah tersedia perlengkapanan mandi, mulai dari handuk, sabun, shampo, sikat gigi dan pasta gigi. Gak ketinggalan juga ada cemilan yang bisa kita nikmati di dalam kamar. Mayan banget, kan.

Jadi, aku tipe yang sukanya nginap ala-ala backpacker gitu. Tapi gak suka juga kalau tidur di penginapan "terbuka". Nah, di Airy banyak pilihan kamar sesuai yang aku mau.

Sepanjang pengalaman beberapa kali menginap di Airyrooms, aku selalu mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan dan memuaskan. Bangunan oke. Kamar bersih dengan selimut bantal yang bersih pula. Ac dingin dan pelayanan yang sangat ramah. Makanya, aku selalu memilih Airyrooms saat membutuhkan penginapan yang nyaman tapi lowbudget.

Tapi sayang, aku harus mengalami kekecewakan saat menginap di sebuah penginapan yang ada di Mangga Dua. Jadi, ini adalah cerita menjelang  Kemah Pertama di Pulau Kotok Kepulauan Seribu . Kamu udah baca belum? Kalo belum, silakan dibaca dulu! *maksa

Karena seisi rumah berangkat ke Tegal, keadaan rumah jadi kosong udah pasti sepi banget. Sebagai wanita pemberani yang sangat penakut, tentu aja aku gak berani di rumah sendirian. Apalagi itu malem-malem. Dengan mempertimbangkan besok paginya jam 6 aku harus udah ada di Pelabuhan Sunda Kelapa, akhirnya aku berpikir untuk mencari penginapan yang tidak jauh dari Pelabuhan.

Nah, Sebelum aku memutuskan untuk mencari penginapan, sebenarnya ada peperangan batin dulu. Tapi karena beberapa pertimbangan yang sudah kusebutkan di atas, akhirnya aku memutuskan untuk mencari penginapan. Aku memilih kamar dari Airyrooms yang menurutku sudah terjamin dan terpercaya karena pengalaman aku beberapa kali menggunakan airyrooms nyaris memuaskan dengan harga yang bikin hemat.

Singkat cerita, aku memilih Airyrooms yang ada di Mangga Besar. Jujur ih, baru kali ini aku berkunjung ke sini, dan aku gak tau kalau Mangga Besar adalah kawasan yang "nganu". Aku pikir juga lokasinya aman dan terpercaya, terlebih aku memesan dari situs resmi. Tapi tak di sangka, kejadian mengecewakan itu harus aku alami.

Lokasinya berada di pemukiman warga biasa. Tidak kumuh dan tidak jauh dari jalan raya. Jalannya juga besar bisa dilewati 2 mobil. Sepanjang jalan juga aku melihat banyak mobil parkir dan kiri kanan terdapat bangunan bertingkat seperti kost-kostan atau hostel gitu. Lokasinya gak jauh dari Mall Lokasari.

Sekitar jam 7 malam, sepulang kerja, akhirnya aku sampai di Property kamar yang aku pesan. Pemandangan yang aku lihat adalah banyak motor parkir di depan. Bangunannya bertingkat sekitar 4 lantai dengan keadaan yang "berantakan" dengan pencahayaan yang sangat minim.

Aku cek in dan menunjukkan KTP. Lalu di antar sama penjaganya ke kamar yang berada di lantai 3. Yap, lagi-lagi aku melihat lorong-lorong yang sangat berantakan,  juga dengan penerangan yang remang-remang. Pas aku sadar, ini benar-benar seperti kost-kost yang banyak penghuninya.

Tiba di kamarku, Masnya membuka kunci dan aku lihat, pegangannya rusak dan tidak berfungsi.  Jadi, pintu itu bisa tertutup jika kita menguncinya. Dalem hati, "Addduhhhhh....."

Makin kaget kudibuatnya saat pintu kamar terbuka lebar hingga aku dipersilakan masuk. Serius kamarnya gini? Luas kamarnya kecil, tapi sebenarnya gak masalah sih. Yang bermasalah adalah lampunya yang sangat remang-remang, trus lantainya yang "ngeres" seperti berdebu dan banyak noda di lantainnya.

Pas buka pintu, langsung keliatan ada kasur yang di double 2 gitu. Trus 2 bantal tipis, 1 selimut biasa, dan kain biru khasnya Airy. Nah, sprei nya ini putih-putih kusam dan bernoda. Trus ada bolong kecil seperti bekas sudutan rokok. Trus yang paling gak habis pikir, ada beberapa helai rambut tipis di atas kasur. Ya salam! Pulang aja apa nih?
Nah, persis disebelah pintu masuk dan di depan kasur, ada meja kecil kusam yang di atasnya ada sebungkus makanan ringan, 2 air mineral, pouch peralatan mandi, TV dan remote. Nah, itu makanan ringan biasanya gak asal taro di plastik gitu. Biasanya ada box lucu dari Airy yang isinya makanan itu. Tapi ntah kenapa di sini malah gak ada boxnya, dan makanannya tergeletak gitu aja.

Karena di dalam kamar sendirian, aku merasa iseng dong, dan udah jadi kebiasaan banget aku selalu nyalahin TV untuk membunuh kesunyian, apalagi di tempat penginapan begini. Tapi makin kecewa lagi pas tau kalau remote TV nya rusak!
Iya, ini remote nyampe kebelah gini. Trus  kulihat juga TV yang ada di Meja itu sangat tua dan bikin ngeri kalau aku paksa buat nyala. Takutnya malah meledak kan. Finally, aku mengikhlaskannya. Udah, biar  TV tua itu jadi pajangan aja.

Lanjut ke yang lain. Ada sebuah Lemari besar yang tersedia di kamar ini. Dari luar penampilannya nampak oke dan mewah gitu. Pintu nya juga ada 3 yang dilengkapi cermin tiinggi. Tapi sayang, 1 pintunya gak tertutup dengan rapat. Trus juga pas dibuka, ternyata dalamnya kotor dan "rusak" . Wkwkwk

Yang paling fatal lagi pas ke kamar mandi. Tepat di paling depan lantai kamar mandinya, ada puntung rokok bekas orang. ASTAGHFIRULLAH. Aku tuh cuma senyum-senyum sendiri sambil elus dada. Sabar, sabar. Gak boleh marah-marah...

Nah, kalau ngomongin soal ukuran, aku akui ukuran kamar mandinya sangat luas karena memanjang itu. Dan Trus juga gak serem dan gak gellap. Ada WC Duduk, wastafel, ember, gayung, shower. Tapi jangan seneng dulu, karena air di sini keluar sangat-amat-dikit-banget. Bahkan kadang airnya gak keluar. FYI aja sih, aku pipisnya pake air aqua buat bilasnya. Karena selain airnya keluar dikit dan kadang-kadang, airnya juga asin, butek, bahkan kotor pasir tanah gitu :(

Nah, kalau soal asinnya, aku gak mau menyalahkan pihak manapun ya. Karena aku sadar diri dan tau kalau lokasi property ini terletak di kawasan yang emang airnya asin cenderung asin. Tapi ya kalo sampe keluarnya air kotor atau bahkan malah gak keluar air, ini bikin nyesek sih.

Pas tau kondisinya separah ini, aku langsung diem, merenung dan.... ngambil HP, trus curhat-curhat sama pacar. Ceritanya ngadu gitu. Kalau dapat kamar yang begini. Apalagi soal pintunya, udah rusak gitu. Trus pacar bilang, yang penting pintunya bisa terkunci dan tetep aware. Inisiatif aku, meletakkan tas tepat di depan pintu sebagai "penghalang".

Trus Terpikir juga pengen langsung cekout dan pulang ke rumah. Apa, ya. Ngerasa kecewa beraaaaatttt, banget dengan kondisi kamar yang kayak gini. Tapi, setelah dipikir-pikiir, aku harus ikhlas dan bertahan di sini karena kalau pulang ke rumah, bakal jauh lagi. Akan rugi di waktu dan diongkos. Trus juga jarak dari rumah ke Pelabuhan itu jauh banget. Rasanya gak keburu kalau naik kereta. Gak menjangkau juga kalau naik Ojek Online. Jadi, yaudah nikmatin aja selama di kamar ini tetap aman.

Nunggu pagi berasa nunggu setahun lamanya. Akhirnya, azan subuh berkumandang. Mandi, sholat dan langsung bergegas. Alhamdulillah, pagi itu air keluar dengan lancar meskipun alirannya kecil dan butek. Gapapa, yang penting gak kotor tanah. Pokoknya bismillah aja udah.

Finally, bisa bertahan semalaman dengan kondisi kayak gini. Aku udah lulus uji kesabaran belum nih? Wkwkkw..

Dalam hati yang paling dalam, sungguh menyangkan kenapa Airy bisa kecolongan masukin property kayak gini. Huff, kasian kaan jadi malah bikin nama Airy Rooms jelek. But, aku pribadi gak kapok pesan di Airyrooms. Karena bagiku, airy punya pilihan kamar yang bagus-bagus kok. Cuma ya, kali ini aku lagi kurang beruntung aja. Terbukti ketika aku menginap di Airy Syariah Gamping Kabupaten Gang Nila Yogyakarta. Dengan harga yang menurutku murah banget, aku dapat kamar yang sangat nyaman dan luas banget. Ada balkonnya pula!

Nah, sebuah kesalahan yang membuatku dapet kamar mengecewakan itu juga di sebabkan karena aku gak baca-baca lagi review tamu yang pernah nginap di sana.. Jadi tuh, aku terlalu fokus mencari property yang jaraknya lebih dekat dengan pelabuhan.  Andai saja aku baca, pasti aku tak memilihnya. Karena, terpampang jelas kalo semua tamu menyebutkan kamar itu sangat mengecewakan. Hehehhee...

Tapi yaudahlah ya, jadikan pengalaman dan pelajaran aja. Saat hendak memesan sebuah penginapan, kita harus melihat pula review dari tamu yang sudah-sudah. Kalau reviewnya oke, berarti itu sangat direkomendasikan. Pun sebaliknya.

Postingan ini murni cerita pengalaman Pribadi saat aku menginap di Airy Eco Taman Sari Mangga Besar Sebelas 36 Jakarta pada bulan Mei 2018 lalu.  Tulisan ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan atau menjatuhkan pihak manapun, apalagi Airyrooms. Karena kembali saya jelaskan bahwa saat ini Airyrooms masih jadi pilihan terbaik saya saat membutuhkan penginapan di Jakarta, maupuun kota-kota lainnya.

Sekian dan terima kasih sayang~

UPDATE: 4 November 2019
Property ini sudah tidak tersedia lagi di Airyrooms.

Baca juga: Homecare24 - Perawat Panggilan ke Rumah Yang Terpercaya

2 comments:

1. Wah sedih banget ceritanya. Saya juga termasuk pengguna Airy. Hehehehe. Tapi belum pernah dapat yang mengecewakan sih.

ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidak mengalami pengalaman buruknya deh. Percayalah itu gak enak~

Delete

Terima kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa tinggalkan komentarmu, ya..
Tiada kesan tanpa komentar yang kau tinggalkan. ^,^